Kamis, 09 Mei 2019

Gianyar, Sentra Wisata Budaya Kesenian Khas Bali

True Mag




Pulau Bali emang identik dengan pantainya yang indah. Namun, Bali juga terkenal memiliki budaya yang masih sangat kental di masyarakatnya terutama di daerah Kabupaten Gianyar.
Kabupaten Gianyar merupakan salah satu Kabupatan di Bali yang menjadi sentra budaya, terutama ukiran khas Bali yang terkenal hingga ke mancanegara. Karena terkenal dengan kebudayaannya, Gianyar banyak memiliki potensi wisata yang patut kita kunjungi yang sedang berada di Bali.


Museum Blanco Renaissance
Tempat ini sangat cocok buat yang gemar melakukan wisata seni, budaya, dan juga sejarah. Selayaknya museum pada umumnya, di tempat ini kita dimanjakan dengan berbagai macam benda bernilai seni tinggi, seperti lukisan, hingga pahatan. Di tempat ini kita juga dapat menikmati benda-benda seni buatan seniman luar Bali, baik itu dari daerah lain di Indonesia, maupun dari seniman mancanegara.

Candi Gunung Kawi
Candi ini berlokasi di Banjar Penaka, Tampaksiring. Candi Gunung Kawi salah satu tempat wisata sejarah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan ke Pulau Bali. Meski bangunannya merupakan sebuah candi, namun bangunan ini dialihfungsikan sebagai Pura, yang diberi nama Pura Gunung Kawi. Pura ini khusus digunakan oleh masyarakat Bali untuk melakukan aktivitas pemujaan ke Raja Bali. Pura ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berlatih aktivitas spiritual dan aktivitas keagamaan Hindu.

Pasar Sukowati
Pasar ini sangat cocok untuk belanja oleh-oleh khas Bali. Di pasar yang berlokasi di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar ini kita dapat menemukan berbagai macam barang khas Bali dengan harga yang relatif murah.
Agar barang yang diinginkan dihargai lebih murah, disarankan berkunjung pada pagi hari. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat memiliki keyakinan jika barang mereka telah laku di pagi hari, maka di waktu-waktu berikutnya barang mereka akan menjadi lebih mudah laris.
Pemandian Pura Tirta Empul
Pemandian Pura Tirta Empul memiliki pemandangan berupa Pura dan Candi. Di tempat ini kita juga bisa berendam di kolam suci yang ada area Pura. Konon, kolam di sini merupakan kolam suci yang dapat memurnikan tubuh manusia. Sepanjang kolam terdapat 30 buah pancuran yang sangat unik. Untuk mandi dan menyucikan diri di kolam kita wajib menggunakan kamen. Sebuah kain ikat pinggang khusus yang digunakan oleh masyarakat Bali.


EmoticonEmoticon