Kamis, 09 Mei 2019

Daftar Penginapan Terdekat dari Borobudur

True Mag

Beruntung, saat ini wisatawan tak perlu khawatir soal penginapan di sekitaran Candi Borobudur. Hebatnya, akomodasi yang tersedia amat beragam, jadi bisa disesuaikan dengan anggaran perjalanan masing-masing wisatawan.
Berikut beberapa di antaranya.
1. Manohara Resort
Bisa dibilang, ini adalah hotel yang paling dekat dengan Candi Borobudur. Sebab, letaknya masih berada di lingkungan candi. Pelataran Manohara Resort juga merupakan bagian dari pelataran Borobudur.
Harganya agak mahal memang untuk ukuran para backpacker. Namun, wisatawan yang menginap di hotel ini tidak akan ketinggalan pemandangan matahari terbit yang begitu cantiknya dari sela-sela stupa candi.
2. Omah Setumbu
Jaraknya tidak sampai 4 km dari Candi Borobudur. Untuk bisa mencapai candi, wisatawan bisa memanfaatkan sepeda yang disewakan oleh pengelola resor. Hotel yang memiliki gaya Jawa kuno ini akan membawa tiap tamunya ke pemandangan pedesaan Jawa zaman dahulu.
3. Homestay Tinggal Laras
Jika tidak ingin mengeluarkan anggaran yang terlampau besar, homestay ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempatnya bersih dan memiliki nuansa seni Jawa yang amat kental. Letaknya juga tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya terpaut kurang dari 3 km.
Tinggal Laras Homestay konon menjadi salah satu favorit para pelancong dari luar negeri.
4. Rumah Dharma
Sesuai namanya, penginapan ini tidak menawarkan kemewahan khas resor maupun hotel berbintang. Namun, sapaan hangat langsung dari si pemilik penginapan, suguhan makanan dan minuman yang sangat rumahan, dan kenyamanan khas keluarga sendiri pasti dirasakan tiap tamunya.
Penginapan ini biasanya menawarkan perjalanan menikmati matahari terbit dari Puthuk Setumbu. Para tamu diajak untuk menggoes sepeda sendiri. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.
5. Plataran Borobudur Resort & Spa
Tidak sekedar menyandang nama pelataran, hotel ini memang menyajikan pemandangan Candi Borobudur secara langsung di halaman mereka. Letaknya cuma selemparan batu dari candi, hanya terpaut 1 km. Hotel bintang 5 ini menjadi pilihan favorit pasangan yang baru menikah untuk menghabiskan waktu bulan madu mereka.
Hotel ini memiliki desain yang membuat betah para tamunya sehingga tamu tidak perlu mencari tempat wisata lain untuk menghabiskan waktu liburan mereka.
6. Saraswati Borobudur
Sama dengan Plataran Borobudur Resort & Spa, jarak hotel ini dengan Borobudur juga amat dekat, hanya berkisar 1,2 km. Banyak wisatawan yang memilih untuk berjalan kaki untuk menuju ke kompleks candi. Selain karena gratis, berjalan kaki juga amat nikmat lantaran wisatawan disuguhi pemandangan khas pedesaan di sekitar Borobudur.
7. Amrta Guest House
Guest house ini sekilas memang terlihat sederhana, namun di belakangnya terdapat kolam renang yang berlatar belakang persawahan dan perkebunan desa. Letaknya juga cuma sekitar 1 km dari pintu candi.
8. Pondok Tinggal
Fasilitasnya tidak mewah, namun amat nyaman untuk bermalam sebelum menikmati pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur. Nuansa Jawa amat kental di Pondok Tinggal. Bahkan, tiap dua minggu sekali pengelola hotel menggelar pentas wayang kulit untuk para tamunya.
9. Cempaka Villa
Villa yang hanya terpaut sekitar 1,1 km dari Candi Borobudur ini tak ayal menjadi salah satu penginapan favorit para pelancong, terutama mereka yang tidak memiliki anggaran terlalu besar. Suasananya amat nyaman dengan pemandangan yang lekat dengan pedesaan.
10. Amanjiwo Resort
Para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri mengakui jika resor ini merupakan resor termewah dan terbaik yang ada di sekitaran Candi Borobudur. Peringkat Amanjiwo di situs Tripadvisor bahkan mencapai angka 5.0, alias sempurna.
Amanjiwo menawarkan pemandangan langsung ke arah candi di beberapa kamarnya. Tempat ini juga cocok bagi mereka yang ingin berbulan madu. Konon, banyak artis Hollywood yang sudah menginap di hotel ini.
Masih banyak lagi penginapan yang menarik di sekitaran Candi Borobudur. Daftar di atas merupakan penginapan yang memiliki peringkat yang baik dan banyak direkomendasikan oleh para pelancong.
Foto: Sijoriimages/Raiyani Muharramah


EmoticonEmoticon