Kamis, 09 Mei 2019

Sumba Barat, Wisata ke Kampung Adat

True Mag



Sumba Barat mungkin belum masuk dalam radar para pelancong. Namanya masih kalah pamor dibanding Yogyakarta, Bali ataupun Lombok. Tapi bagi yang suka wisata Sumba Barat menjanjikan sederet pengalaman yang tak terlupakan.
Jalan-jalan ke Sumba Barat tak hanya melulu tentang keindahan alam, tetapi kita juga bisa menyelami keunikan budaya masyarakat setempat. Pertama yang harus dituju adalah mencicipi kuliner khas yang banyak dijajakan di Kawasan Patung Kuda di tengah kota Waikabubak. Saat malam tiba, landmark kota yang ditandai dengan patung ksatria Pasola penunggang kuda ini menjadi pusat kuliner.
Untuk lebih mengenal adat masyarakat Sumba Barat, kita bisa berkunjung ke Kampung Tarung, salah satu kampung adat yang berada di pusat kota Waikabubak. Rumah adat yang telah berusia ratusan tahun masih berdiri kokoh meski hanya mengandalkan paku dan pasak.
Arsitekturnya yang unik dengan atap tinggi yang terbuat dari jerami. Di bagian atap inilah warga menyimpan hasil panennya, sedangkan bagian tengah sebagai tempat tinggal. Kolong rumah biasanya dijadikan kandang untuk binatang piaraan. Selain rumah adat, kita juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan sehari-hari warga Kampung Tarung yang umumnya masih memegang teguh kepercayaan Marapu.
Kampung adat lain yang bisa kita kunjungi, yakni Kampung Praijing di Tebara, Waikabubak. Desa adat yang berada di atas bukit ini juga masih mempertahankan kearifan lokalnya. Rumah-rumah adat dengan arsitektur khas ini berdiri di atas lahan yang dikelilingi hutan dan pohon-pohon tinggi.
Tak hanya itu, di kampung ini juga bisa kita temukan kuburan megalitik yang menggunakan batu-batu besar yang beratnya berton-ton. Keunikan kampung Praijing membuat desa adat ini ditetapkan menjadi situs budaya.
Jalan-jalan ke Sumba Barat, tak lengkap jika tak merasakan keindahan pantainya yang masih perawan. Sebut saja Pantai Nihiwatu, yang disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di Asia. Bahkan disejajarkan dengan Hawaii yang kesohor itu. Lanskap pantai yang landai berpasir bersih dengan air laut yang jernih, dan dikelilingi bukit yang menghijau membuat pantai ini terkenal hingga ke mancanegara.
Selain berselancar, Pantai Nihiwatu juga cocok untuk penggemar diving dan snorkeling. Dan untuk menikmati pantai ini kini sudah ada resort kelas dunia.
Untuk menikmati sunset, kita bisa melangkahkan kaki ke Pantai Marosi yang agak jauh dari pusat kota Waikabubak. Pantai Marosi disebut sebagai salah satu pantai dengan sunset terindah di Sumba Barat. Infrastruktur ke pantai Marosi sudah cukup bagus meski belum tersedia angkutan umum ke sana. Jadi untuk ke sana, kita harus menyewa mobil atau motor. Jadi tunggu apalagi, segera pesan tiket untuk melancong ke Sumba!


EmoticonEmoticon